Tuesday 1 December 2009

Continuous Steriliser


Sistem Continous adalah system perebusan dimana proses perebusan TBS dilakukan secara kontinu. Sistem ini hanya dikenal satu jenis saja yaitu Continous Sterilizer. 
--> -->
   Prinsip pengoperasian yang perlu diperhatikan pada continuous sterilizer antara lain :
-->
a. Menggunakan live steam injection dengan tekanan 14,7 psi (1 bar) atau low pressure sterilizing
b. TBS direbus melalui conveyor dua tingkat yang berada di dalam kompartemen sterilizer
c. Proses perebusan continous single pressure
d. Siklus perebusan 60 – 70 menit


-->
Tahap-tahap system continous sterilizer adalah sebagai berikut :
1) Tahap Pre-Sterilization
TBS dikondisikan dengan cara merobek janjang TBS menjadi dua menggunakan alat FFB Crusher. Tujuannya adalah agar memudahkan penetrasi steam sampai ke dalam rachis mengingat tekanan perebusan yang digunakan adalah pada tekanan atmosfer.
2) Tahap Sterilization
TBS direbus secara kontinyu pada tekanan atmosfer (Low Pressure Sterilizing) dengan cara melewatkan TBS yang telah dirobek melalui suatu kompartemen menggunakan conveyor yang kemudian disemprotkan steam secara kontinyu pada tekanan atmosfer. Untuk mengurangi steam keluar dari dalam sterilizer digunakan inlet dan outlet flap valve. Pembuangan kondensat dilakukan secara kontinu melalui talang drain di sepanjang lantai sterilizer sehingga buah tidak tergenang kondensat.
3) Tahap Post Sterilization
Pemanasan lanjut terhadap brondolan yang telah dipipil dari tandannya menggunakan alat bejana Post Heated Cooker (PH-Cooker) dan juga pada horizontal digester. Tujuan pemanasan ini adalah untuk memanaskan buah lebih lanjut sehingga proses pengurangan kadar air dalam buah, pelepasan ikatan fiber pada mesocarp dari biji dan pemecahan butiran minyak dalam buah dapat terjadi lebih baik.

5 comments:

  1. disadvantage of CS mill?

    ReplyDelete
  2. cs always breakdown due to broken chain and displacement of chain socket.Any idea to reduce or solve that problem

    ReplyDelete
  3. Kami dari Palm Dynamic Consulting, Jakarta adalah lembaga Trainng and Consultancy khusus untuk Pabrik Kelapa Sawit. Kantor kami di Jalan Boulevard Barat Gading Raya, Komplek Perkantoran Mediterania Residence RK/28/J, Kelapa Gading Jakarta Utara. Trainer kami adalah para ex Senior Mill Manager dan ex Direktur Teknik di Group Perusahaan perkebunan besar di Malaysia dan Indonesia. Kami mengadakan training di 9 Propinsi di Indonesia. Pada 28-30 Agustus 2013 di Hotel Harris Kelapa Gading, kami akan mengadakan training dengan judul: The Fundamental of Palm Oil Mill Management. Untuk info lebih detail kirim email kami pomconsutant@gmail.com (Note: Bukan pomconsultant, tapi pomconsutant----tanpa L). Kami akan mengirimkan info detail.

    ReplyDelete
  4. Use roller chain instead of link chain...use renold or ewart chain..just modify the scrapper attachment to suit it...roller chain ewart..can last for more than 5 years without broken...use 9060..106000lbs breaking load

    ReplyDelete

Mari majukan industri sawit indonesia
tingkatkan quality Crude Palm Oil (CPO) dan Kernel